Senin, 07 April 2014

kontroversi "Facebook sebagai INOVASI"


Apakah Facebook dapat dikatakan sebagai INOVASI?
Dikalangan masyarakat pada umumnya mungkin Facebook hanya sebagai Social Media saja yang dimanfaatkan untuk menemukan teman lama yang sekarang sudah tidak terlihat, sebagai ajang pencarian jodoh, sebagai tempat mengapresiasikan kumpuluan foto diri sendiri (selfie), dan masih banyak lagi.
Lantas bagaimanakah facebook dalam pemanfaatannya di bidang pembelajaran? INOVASI kah Facebook tersebut??
mari kita terlebih dahulu melihat definisi Inovasi menurut para ahli sebagai dasar acuan kita dalam menyatukan persepsi.
  • E. Roger  menyatakan Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek, objek atau benda, yang disadari dan diterima sebagai sesuatu hal baru bagi individu atau kelompok untuk diadopsi.
  •  Reigeluth menyatakan Inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan tertentu.

jika dilihat dalam pembelajaran  ada yang mengatakan sebagai inovasi akan tetapi tidak banyak juga yang menyatakan bahwa facebook jika dimanfaatkan untuk pembelajaran adalah bukan inovasi.
pendapat yang berbeda-beda tersebut tentunya mengundang konspirasi dalam pengambilan kesimpulan tersebut.
hal ini membuat Ibu Retno, selaku Dosen pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan, Jurusan Teknologi Pendidikan. mencoba untuk menggunakan metode belajar hybrid learning (penggabungan tatap muka & online learning) kepada mahasiswa teknologi pendidikan 2012

online learning disini menggunakan facebook
 
seberapa banyak kah mahasiswa yang menjawab "Facebook Sebagai Inovasi"??
Yes, sebagai inovasi dan berkelanjutan

No, sebagai inovasi dan No berkelanjutan

yes, sebagai inovasi dan No Berkelanjutan


berikut hasil data yang di peroleh dalam bentuk tabel, diagram batang dan Pie, agar lebih memudahkan untuk di pahami


Diawali dengan berapa banyak mahasiswa yang menjawab pertanyaan di facebook tersebut 
 



(1)  Pengelompokan mahasiswa yang menjawab dan tidak
Keterangan
Jumlah
mahasiswa yang menjawab
9 orang
Mahasiswa tidak menjawab
32 orang
Jumlah mahasiswa
41 orang

 


dari keterangan  no.1 diatas, bahwa jumlah masiswa yang menjawab adalah 32 mahasiswa. Yang kemudian, terbagi lagi menjadi:

2. dari 32 mahasiswa yang menjawab pertanyaan tersebut dan jawaban mereka pun beragam. klasifikasinya adalah :
YES             = 4 mahasiswa
 NO              = 9 mahasiswa
 YES & NO   =19 mahasiswa


Keterangan
Jumlah
Mahasiswa dengan jawaban “YES”
4 orang
Mahasiswa dengan jawaban “NO”
9 orang
Mahasiswa dengan jawaban “YES & NO”
19 orang
Jumlah mahasiswa yang menjawab
32 orang


 

alasan dari mahasiswa yang menjawab:
YES           = facebook merupakan inovasi dan berkelanjutan
NO             = facebook bukan merupakan inovasi bagi dirinya dan tidak berkelanjutan
YES & NO  = facebook merupakan inovasi tetapi tidak berkelanjutan

dari klasifikasi yang telah menjawab, berkemungkinan terjadinya jawaban yang yang sama antar mahasiswa.

 (3) pengkatogorisasian mahasiswa dengan jawban nya hampir sama
KETERANGAN
JUMLAH
YES
4 ORANG
N O
4 ORANG
YES & NO
9 ORANG


 

Penjelasan grafik no.3
Pengkategorian mahasiswa dengan jawaban yang hampir sama/hampir sama

Yes: terdapat 4 mahasiswa yang menjawab yes dengan alasan yang sama/hampir mirip. Dimana alasan yang dikemukakannya adalah berbunyyi bahwa FGD DIP ini baru untuk dirinya sendiri dan ini akan bersifat berkelanjutan

NO: terdapat 7 mahasiswa yang menjawab NO. Akan tetapi, dari ke tujuh diantaranya yaitu 4 mahasiswa memiliki jawaban yang sama/hampir sama.
Mereka beralasan bahwa fgd lewat facebook ini bukan merupakan sebuah inovasi karena sebelum nya telah merasakannya di sma/smk/semester sebelumnya. Dan ini, tidak pula berkelanjutan.

YES & NO: pilihan ini yang paling banyak di utaraakan oleh mahasiswa TP Reg 2012 dalam menyikapi soal tersebut. Terdapat 19 mahaiswa yang menjawab yes & no. Akan tetapi, untuk jawaban yang sama terdapat 9 mahasiswa yang menjawab hampir mirip dengan temannya.
Lantas 10 orang diantara sisa nya apakah berbeda? Jelas tidak. Karena dari jawaban yang yes & no ini, terdapat mehasiswa yang menjawab NO & yes, sekitar 4 orang yang menjawab seperti itu.

Kesimpulan
Dari data yang telah diperoleh dengan menganilisis satu persatu jenis yang telah ditentukan, sungguh tidak sulit. Dari jawaban yang telah di lontar kan oleh mahasiswa, sedikit sekali apa yang dikemukakan itu berbeda dengan yang lainnya. Akan tetapi terdapat pula mahasiswa yang sangat berbeda jawabannya dengan mahasiswa lainnya.

tujuan:
agar mahasiswa dapat lebih aktif dalam menggunakan facebook sebagai metode pembelajaran
agar masyarakat turut serta menggunakan facebook dalam pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar