Apakah Facebook dapat dikatakan sebagai INOVASI?
Dikalangan masyarakat pada umumnya mungkin Facebook
hanya sebagai Social Media saja yang dimanfaatkan untuk menemukan teman lama
yang sekarang sudah tidak terlihat, sebagai ajang pencarian jodoh, sebagai
tempat mengapresiasikan kumpuluan foto diri sendiri (selfie), dan masih
banyak lagi.
Lantas bagaimanakah facebook
dalam pemanfaatannya di bidang pembelajaran? INOVASI kah Facebook tersebut??
mari kita terlebih dahulu melihat definisi Inovasi
menurut para ahli sebagai dasar acuan kita dalam menyatukan persepsi.
- E. Roger menyatakan Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek, objek atau benda, yang disadari dan diterima sebagai sesuatu hal baru bagi individu atau kelompok untuk diadopsi.
- Reigeluth menyatakan Inovasi adalah suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan tertentu.
jika dilihat dalam pembelajaran ada yang mengatakan sebagai inovasi akan tetapi tidak banyak juga yang menyatakan bahwa facebook jika dimanfaatkan untuk pembelajaran adalah bukan inovasi.
pendapat yang berbeda-beda tersebut tentunya
mengundang konspirasi dalam pengambilan kesimpulan tersebut.
hal ini
membuat Ibu Retno, selaku Dosen pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan,
Jurusan Teknologi Pendidikan. mencoba untuk menggunakan metode belajar hybrid
learning (penggabungan tatap muka & online learning) kepada mahasiswa
teknologi pendidikan 2012
online
learning disini menggunakan facebook
seberapa banyak kah mahasiswa yang menjawab
"Facebook Sebagai Inovasi"??
Yes, sebagai inovasi dan berkelanjutan
No, sebagai inovasi dan No berkelanjutan
yes, sebagai inovasi dan No Berkelanjutan
berikut hasil data yang di peroleh dalam bentuk tabel,
diagram batang dan Pie, agar lebih memudahkan untuk di pahami
Diawali dengan berapa banyak mahasiswa yang menjawab
pertanyaan di facebook tersebut
(1) Pengelompokan mahasiswa yang menjawab dan tidak
Keterangan
|
Jumlah
|
mahasiswa
yang menjawab
|
9 orang
|
Mahasiswa
tidak menjawab
|
32 orang
|
Jumlah mahasiswa
|
41 orang
|
dari keterangan
no.1 diatas, bahwa jumlah masiswa yang menjawab adalah 32 mahasiswa.
Yang kemudian, terbagi lagi menjadi:
2. dari 32 mahasiswa yang menjawab pertanyaan tersebut dan jawaban mereka pun beragam. klasifikasinya adalah :
YES = 4 mahasiswa
NO = 9 mahasiswa
YES & NO =19 mahasiswa
Keterangan
|
Jumlah
|
Mahasiswa
dengan jawaban “YES”
|
4 orang
|
Mahasiswa
dengan jawaban “NO”
|
9 orang
|
Mahasiswa
dengan jawaban “YES & NO”
|
19 orang
|
Jumlah mahasiswa yang menjawab
|
32 orang
|
alasan dari mahasiswa yang menjawab:
YES = facebook merupakan inovasi dan berkelanjutan
NO = facebook bukan merupakan inovasi bagi dirinya dan tidak berkelanjutan
YES & NO = facebook merupakan inovasi tetapi tidak berkelanjutan
dari klasifikasi yang telah menjawab, berkemungkinan terjadinya jawaban yang yang sama antar mahasiswa.
(3) pengkatogorisasian mahasiswa
dengan jawban nya hampir sama
KETERANGAN
|
JUMLAH
|
YES
|
4 ORANG
|
N O
|
4 ORANG
|
YES
& NO
|
9 ORANG
|
Penjelasan grafik no.3
Pengkategorian
mahasiswa dengan jawaban yang hampir sama/hampir sama
Yes: terdapat 4 mahasiswa yang menjawab
yes dengan alasan yang sama/hampir mirip. Dimana alasan yang dikemukakannya
adalah berbunyyi bahwa FGD DIP ini baru untuk dirinya sendiri dan ini akan
bersifat berkelanjutan
NO: terdapat 7 mahasiswa yang menjawab
NO. Akan tetapi, dari ke tujuh diantaranya yaitu 4 mahasiswa memiliki jawaban
yang sama/hampir sama.
Mereka beralasan bahwa fgd lewat facebook ini bukan merupakan
sebuah inovasi karena sebelum nya telah merasakannya di sma/smk/semester
sebelumnya. Dan ini, tidak pula berkelanjutan.
YES & NO: pilihan ini yang paling banyak di
utaraakan oleh mahasiswa TP Reg 2012 dalam menyikapi soal tersebut. Terdapat 19
mahaiswa yang menjawab yes & no. Akan tetapi, untuk jawaban yang sama
terdapat 9 mahasiswa yang menjawab hampir mirip dengan temannya.
Lantas 10 orang diantara sisa nya apakah berbeda? Jelas
tidak. Karena dari jawaban yang yes & no ini, terdapat mehasiswa yang
menjawab NO & yes, sekitar 4 orang yang menjawab seperti itu.
Kesimpulan
Dari data yang telah diperoleh dengan
menganilisis satu persatu jenis yang telah ditentukan, sungguh tidak sulit.
Dari jawaban yang telah di lontar kan oleh mahasiswa, sedikit sekali apa yang
dikemukakan itu berbeda dengan yang lainnya. Akan tetapi terdapat pula
mahasiswa yang sangat berbeda jawabannya dengan mahasiswa lainnya.
agar mahasiswa dapat lebih aktif dalam menggunakan facebook sebagai metode pembelajaran
agar masyarakat turut serta menggunakan facebook dalam pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar